Pendidikan Politik dan Rekrutmen Anggota! Daftarkan Dirimu Segera Selengkapnya »

"/> Pendidikan Politik dan Rekrutmen Anggota! Daftarkan Dirimu Segera | Independent Movement

Pendidikan Politik dan Rekrutmen Anggota! Daftarkan Dirimu Segera

Poster: PEMBEBASAN Kolektif Kota Yogyakarta

“Anda tidak dapat bermain dengan binatang dalam diri Anda, tanpa menjadi binatang sepenuhnya, bermain dengan kepalsuan tanpa mengorbankan hak Anda atas kebenaran, bermain dengan kekejaman tanpa kehilangan kepekaan pikiran Anda. Ia yang ingin menjaga kebunnya tetap rapi tidak menyediakan sebidang tanah untuk rumput liar.” (Dark Hammarskjold)

Kalian sudah terlalu sering mendengar ceramah, perintah, dan menggugui pemegang otoritas tanpa sempat memasang kesangsian. Kalian telah lama terpesona dan terperdaya oleh cara pandang dan retorika kelompok dominan. Bukankah sekarang kita semua muak, bosan, dan memendam kemarahan? Kini tidakkah kalian mendamba perubahan?

Tidak bisa dibiarkan masa-masa mudamu terus-menerus dibingkai untuk meniru dan membebek kepada mereka yang sok kuasa. Tak mungkin kalian memperpanjang barisan penindasan itu. Sekarang saatnya membebaskan dirimu. Waktunya kalian mengikuti pendidikan politik. Pendidikan ini akan mengajarkanmu tentang keberpihakan pada yang lemah, kritis akan kekuasaan otoritarian dan birokratis, serta mampu mengembangkan pikiran dan gerakan alternatif.

Kawan-kawan, sekarang kami kabarkan: September 2021, Pusat Perjuangan Mahasiswa untuk Pembebasan Nasional (PEMBEBASAN) Kolektif Kota Mataram akan melaksanakan Pendidikan Politik dan Rekrutmen Anggota. Garis umum dari materi yang dipelajari nanti persis yang diterakan di poster (terpajang): teori-teorinya revolusioner. Bila kalian berminat ikut, maka bukalah link pendaftaran ini via chrome: https://bit.ly/38ciXcg.

Harapannya: kalian mau belajar dan berjuang bersama PEMBEBASAN. Harus diakui: kami bukanlah organisasi yang berjejaring ke pranata negara, mendapat akomodasi dari kelas penguasa, dan mempersiapkan kader untuk melanggengkan status-quo. Tidak, kami tidak begitu. Jujur saja: kami organisasi miskin yang tak gendut anggota. Meski lemah dan kecil, tapi dapat dipastikan sebagai organisasi profresif: dengan berasaskan Demokrasi Kerakyatan, maka organisasi kami bersifat kerakyatan, mandiri, demokratis, ekologis, dan feminis.

Memagut asas dan sifat itulah maka garis politik kami adalah Politik Rakyat Miskin: anti-kooperasi dan anti-kooptasi dengan musuh-musuh rakyat. Lalu metode perjuangan kami adalah mobilisasi persatuan–menempatkan aksi massa, rapat umum, dan pemogokan sebagai strategi utama dalam melawan kekuasaan. Terutama untuk mewujudkan program umum kami: menuntaskan perjuangan perjuangan Pembebasan Nasional (Penggulingan Rezim) dengan melawan Imperialisme dan Pemerintahan Agen Imperialis serta mempercepat pembentukan Pemerintahan Rakyat Miskin.

Sekarang pertanyaannya: maukah belajar dan berjuang bersama kami? Harus diakui: kami memang tidak bisa menjanjikan kalian hidup mapan dan bermasa depan yang gemilang seperti organisasi kaya, berpatron birokrat, dan berjatah kuasa. Kami menolak dan jijik dengan hal-hal itu. Daripada menjanjikan kemapanan dan ketambunan; kami justru menawarkan ketidaknyamanan dan perjuangan sepanjang waktu. Singkatnya, kita tidak hadir sebagai peneguh dunia satu dimensi dari kelas penguasa: meniti karir, dapat kuasa, lalu hidup kaya. Kita malah akan dibenturkan dan dibentuk terus-menerus dalam tiga dunia: pergerakan, pendidikan, dan pergaulan. Eko Prasetyo melukisnya penuh keindahan:

“Pergerakan mengajarkan arti pengorbanan, pendidikan menanam budaya pengetahuan dan pergaulan mencipta solidaritas. Tiga-tiganya menempah jiwa, membentuk pengalaman, dan meneguhkan keberanian.”

Paling tidak, jika kalian mau belajar dan berjuang bersama kami. Maka dengan materi-materi yang kita pelajari dan gerakan-gerakan yang kita lakukan kelak dapat membawa kita pada avorisme Pramoedya Ananta Toer seperti yang terucap melalui sosok Minke:

“Duniaku bukan jabatan, pangkat, gaji, dan kecurangan. Duniaku bumi manusia dengan persoalannya!”

Medan Juang, 05 September 2021

Panjang Umur Politik Rakyat Miskin,

PEMBEBASAN Kolektif Kota Mataram

***

Catatan: dalam September ini PEMBEBASAN Yogyakarta juga akan melaksanakan Pendidikan Politik dan Rekrutmen Anggota

(0)
Author: (0)

Aku berpikir, maka aku bergerilya. Aku memberontak, maka aku ada. Aku hidup, maka aku tiada.

TULISAN INI BISA DIBAGIKAN MELALUI:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *